Ulasan Seputar Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut

 

Bau mulut bukanlah masalah medis yang serius namun hal ini dapat menganggu penampilan dan menurunkan tingkat kepercayaan diri ketika berada di depan orang lain. Hal ini terjadi ketika sedang berbicara dan terus berkomunikasi dengan banyak orang yang membuat orang lain akhirnya merasa terganggu dan menjauh dari bau mulut tersebut. Cara menghilangkan bau mulut diperlukan karena saat ini banyak penyebab dan kasus bau ini berasal dari mulut dan gigi kotor sehingga bakteri dapat berkembang biak dalam mulut terutama jika jarang menggosok gigi dengan bersih dan tuntas.

Berikut adalah penyebab bau mulut diantaranya:

  • Gosok gigi yang tidak baik sehingga membuat sisa makanan berada di dalam gusi dan sel gigi sehingga membuat bakteri semakin banyak, lidah dan pipi bagian dalam perlu dibersihkan sehingga akan mengurangi jumlah dari bakteri.
  • Mengonsumsi makanan maupun minuman dengan bau tajam seperti bawang putih, telur, bawang bombay, kopi dan makanan pedas yang akan melepaskan sulfur pada mulut, oleh karena itu banyak mengonsumsi permen mint untuk menutupi bau ini.
  • Asupan serba manis yang membuat baker lebih bersemangat dan bau berasal dari gas bakteri sehingga lebih baik mengonsumsi coklat polos dengan kandungan gula rendah serta lebih mudah meleleh dengan cepat.
  • Diet rendah karbohidrat dengan menambah protein akan membuat pembakaran lemak proses ini disebut keton dan jika terlalu banyak akan mengeluarkan keton dari napas bau dan urin.
  • Mengorok akan memproduksi air liur banyak dan bernapas lewat mulut yang menimbulkan radang tenggorokan, perubahan indra pengecap dan sulit ketika berbicara maupun menelan.

Bawang putih merupakan bahan dapur yang menimbulkan bau mulut dan bertahan selama berjam-jam dan cukup menganggu. Junk food dengan kandungan kalori tinggi dan lemak sehingga membuat pencernaan lebih bekerja keras yang membuat kandungan dalamnya menyebabkan bau mulut. Daging merah memberikan aroma tidak sedap karena sulit dicerna dan susu menyebabkan bau mulut jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Begitu juga dengan telur yang mengandung protein dilepaskan dari rongga mulut menjadi tidak enak. Alkohol dengan aroma tidak sedap ketika berbicara dan sebaiknya mengurangi minuman ini. Jika ingin mengonsumsi makanan dan minuman ini sebaiknya ketika tidak sedang dalam pertemuan besar sehingga menjaga penampilan dengan baik dan memastikan kondisi tubuh tetap dalam keadaan sehat.

Berikut adalah cara menghilangkan bau dalam rongga mulut:

  • Mengonsumsi air putih akan menghilangkan bau sehingga asupan air akan meningkatkan air liur, pastikan minum air ketika haus.
  • Sikat gigi minimal dua kali sehari yang membantu melindungi gigi dari kerusakan dan sebaiknya tidak terlalu menggosok terlalu keras karena akan membuat enamel gigi terkikis.
  • Flossing gigi merupakan teknik membersihkan gigi menggunakan benang sehingga akan mengangkat makanan pada sela gigi yang tidak terjangkau dan jangan menggunakannya terlalu keras.
  • Gunakan obat kumur setelah menggosok gigi dan hindari menggunakan obat kumur dengan kandungan alkohol yang akan memperburuk kondisi mulut berlebihan.

Cara menghilangkan bau mulut berkumur menggunakan minyak kelapa selama 5 hingga 10 menit lalu dibuang. Mengonsumsi buah dengan kandungan polifenol untuk membasmi berbagai bakteri dan membantu asupan vitamin C. Mengonsumsi yogurt untuk membantu pencernaan dan menyingkirkan bakteri dengan penurunan hidrogen sulfida dari bakteri dalam mulut. Berkumur menggunakan cuka apel dan ari lalu berkumur hingga 4 menit saat pagi dan sebelum tidur dan akan membantu kesegaran secara rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *